Training Ergonomic Problems and Injuries

Training Ergonomic Problems and Injuries

 

PENDAHULUAN

Ergonomi adalah aturan/tatacara dalam bekerja. Ergonomi yaitu ilmu yang mempelajari perilaku manusia dalam kaitannya dengan pekerjaan dengansegalaaspekdanruanglingkupnya. Secara singkat dapat dikatakan bahwa ergonomi ialah penyesuaian tugas pekerjaan dengan kondisi tubuh manusia ialah untuk menurunkan stress yang akan dihadapi.Upayanya antara lain berupa menyesuaikan ukuran tempat kerja dengan dimensi tubuh agar tidak melelahkan, pengaturan suhu, cahaya dan kelembaban bertujuan agar sesuai dengan kebutuhan tubuh manusia. Tujuan ergonomi adalah bagaimana mengatur kerja agar tenaga kerja dapat melakukan pekerjaannya dengan rasa aman, selamat, efisien, efektif dan produktif, disamping juga rasa nyaman serta terhindar dari bahaya yang mungkin timbul di tempat kerja.

ILO (International Labor Organization) menyatakan bahwa  gangguan otot rangka dan lainnya yang diakibatkan oleh faktor ergonomic, merupakan penyakit utama yang mengganggu produktifitas pekerja. Demikian pula dalam hal biaya kesehatan, sebagian besar dihabiskan oleh pengobatan dari penyakit yang disebabkan oleh faktor ergonomis ini. Dilain pihak, penyelesaian permasalahan yang dikaibatkan oleh faktor ergonomis ini tidaklah sesederhana yang diperkirakan. Secara teknis, kerjasama berbagai pihak untuk menyelesaikan masalah ini diperlukan, dengan melibatkan para ahli dalam hal teknik dan pemahaman akan keterbatasan fisik manusia.

Secara organisasi, diperlukan suatu  team khusus untuk mengatasi permasalahan ini sebagai bentuk komitmen manajemen. Partisipasi aktif pekerja tidaklah dapat diabaikan dalam mensukseskan usaha pencegahan ganggguan kesehatan yang diakibatkan oleh faktor ergonomis ini

TUJUAN

Selesai mengikuti pelatihan ini, diharapkan peserta :

  1. Peserta diharapkan mampu dan memahami faktor apa saja yang dapat mengganggu kesehatan dalam bekerja dengan alat kerja.
  2. Peserta diharapkan mampu dan dapat berpartisipasi dalam melakukan assessment, mengontrol dan mencegah permasalahan Ergonomic problems dan injuries.

MATERI

  1. Introduction to Industrial Ergonomics.
  2. Work-related Musculoskeletal Disorders (WMSD)
  3. Ergonomic Principles and Risk Factors : Manual Handling, Office
  4. Ergonomics Assessment : Brief Survey, dst.
  5. Ergonomics Solution.
  6. Ergonomics Visualization
  7. Ergonomics Policy

PESERTA

  1. Manajer HRD dan Manajer lainnya,
  2. Penanggung jawab HSE
  3. Dokter / Paramedik di Perusahaan,
  4. General Services,Purchasing, dan Siapa saja yang berminat

PEMATERI / INSTRUKTUR DAN METODE PELAKSANAAN

Tim Pemateri / Instruktur atau Narasumber yang kami ikut libatkan terdiri dari para Akademisi, Praktisi, Consultant  yang berkompeten dibidangnya dengan Metode Presentasi, Diskusi, Bedah Kasus dan Simulasi.

NoBulanOpsi Tanggal PelatihanOpsi Tempat Pelatihan
1Januari8-10 Januari 2018 Hotel MM UGM Yogyakarta
Hotel LPP Garden Yogyakarta
Hotel LPP Convention
Fame Hotel Batam
Ibis Kuta Bali
2Februari15-17 Februari 2018
3Maret19-21 Maret 2018
4April26-28 April 2018
5Mei21-23 Mei 2018
6Juni7-9 Juni 2018
7Juli16-18 Juli 2018
8Agustus23-25 Agustus 2018
9September17-19 September 2018
10Oktober18-20 Oktober 2018
11November12-14 November 2018
12Desember20-22 Desember 2018

Biaya Kegiatan
Biaya kegiatan ini Rp. 6.000.000,- (Enam Juta Rupiah)* Non Residensial
Biaya tersebut tidak termasuk biaya penginapan selama kegiatan
Fasilitas yang didapatkan : Materi Soft copy dan hard copy, Flash disk, Dokumentasi,Souvenir,Seminar Kit,Coffe Break dan Makan siang selama kegiatan.

Kegiatan akan dilaksanakan dengan ketentuan sebagai berikut :

jenis-training-1024x77

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*